Fakultas Perikanan & Kelautan IPB

Fakultas Perikanan &  Kelautan IPB

Fakultas Perikanan & Kelautan IPB

Fakultas Perikanan dan Kelautan IPB merupakan fakultas pertama yang berdiri karena berbarengan dengan didirikannya institut ini. Meskipun demikian fakultas ini sudah mulai dirilis sejak tahun 1953 sampai tahun 1958 melalui tim persiapan pembentukan fakultas perikanan di UI. Seperti yang kita ketahui jika IPB merupakan institut yang berasal dari gabungan Universitas Indonesia atau UI. Meskipun demikian seiring dengan berjalannya waktu IPB terus menerus mengalami perkembangan yang baik.

Dalam mendirikan fakultas perikanan ini tentu saja ada visi tertentu yaitu sebagai fakultas unggulan dan berkualitas internasional. Keunggulan tersebut tentunya meliputi berbagai bidang yaitu pendidikan, penelitian, pengembangan, penerapan IPTEK, manajemen dan kebijakan di bidang perikanan dan kelautan. Untuk mewujudkan visi tersebut tentu saja harus mempunyai misinya juga yang terbagi menjadi beberapa kriteria untuk mewujudkan pencapaiannya.

Misi dari fakultas Perikanan dan Kelautan yang pertama adalah mengembangkan suasana akademik yang  kondusif. Selain itu memperkuat fakultas  sebagai organisasi dan gabungan kerja yang berkualitas internasional dengan menjalankan tanggung jawab sosialnya. Misi berikutnya adalah meningkatkan hubungan FPIK dengan alumni, pemerintah, industri sosial, lembaga sosial dan mengembangkan diversifikasi kompetensi FPIK tersebut.

Dengan visi dan misi tersebut maka akan terwujudlah hal yang menjadi tujuan didirikannya fakultas  Perikanan dan kelautan IPB ini. Tujuannya di antaranya adalah meningkatnya suasana akademik yang kondusif, meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya  pembangunan perikanan dan kelautan. Seperti yang kita ketahui jika negara kita merupakan negara yang memiliki lautan yang sangat luas sehingga dengan adanya pendidikan ini dapat membuat masyarakatnya menjadi sejahtera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *