Gua Sigolo-Golo – Berpetualang di Gua yang Masih Perawan

Gua Sigolo-golo merupakan Gua alam yang terletak di dusun Kraten, desa Panglungan, kecamatan Wonosalam. Gua ini terletak tepat di tebing lereng Gunung Welirang. Akses untuk menuju ke lokasi cukup mudah, tapi saat sudah akan naik menuju ke mulut Gua, pengunjung diharapkan untuk lebih berhati-hati. Untuk menuju ke Gua harus berjalan kaki, menyusuri jalan setapak yang licin dan terjal.

Saat menuruni lereng, Anda disuguhi pemandangan keindahan tebing yang curam dan bebatuan yang ditumbuhi rumput liar. Udaranya pun begitu segar. Untuk mencapai gua Anda mesti menaiki akar pepohonan. Tingginya kira-kira 20 meter. Akhirnya sampai juga di Gua Sigolo-golo. Di dalam gua ada 7 lubang. Konon dulu dipakai untuk bertapa pada zaman kerajaan Majapahit. Di dalam gua, Anda juga harus waspada karena terdapat ular.

Gua Sigolo-golo memang menarik untuk dikunjungi. Sayangnya, potensi wisata berpetualang yang masih perawan ini belum terjamah oleh para investor maupun pemerintah daerah. Masyarakat sekitar menganggap Gua ini sebagai Gua keramat karena dulunya merupakan tempat meditasi oleh ayah Damar Wulan dari kerajaan Majapahit. Karena itupulaha, banyak masyarakat meyakini dengan bermeditasi di Gua ini akan mendapat kesaktian, bahkan berkah.

Lepas dari segala kepercayaan urban, Gua ini merupakan tempat wisata yang pas bagi mereka yang suka akan tantangan dan keindahan alam. Sungguh layak untuk dikunjungi dengan teman-teman dan keluarga anda. Wee Wee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *