Keindahan Telaga Warna Dieng Wonosobo

Kawasan dieng di wonosobo memang menyimpan sejuta keindahan baik dari panorama alamnya maupun budayanya. Setelah mengunjungi kawah sikidang, admin coba untuk mendekat ke sebuah telaga yang katanya bisa berubah warna. Terletak di kecamatan kejajar wonosobo, tempat wisata ini memang menjadi wisata unggulan di wonosobo. Telaga tersebut bernama telaga warna. Terletak di balik bukit-bukit pada ketinggian diatas 2000 mdpl tidak membuat telaga warna sepi pengunjung, tapi justru menjadi daya tarik bagi wisatawan. Ketika admin mengunjungi telaga warna, beberapa jet bus berjejer rapi di tempat parkir, menunjukan banyaknya pengunjung di telaga warna.

Dinamakan telaga warna karena ada fenomena alam yang menarik, yaitu telaga warna ini bisa berganti warna airnya. Pada waktu tertentu warna air berubah menjadi hijau, kuning bahkan bisa berwarna-warni bak pelangi. Hal ini dikarenakan kandungan sulfur yang terdapat di telaga warna sehingga ketika terkena sinar matahari telaga akan terlihat berwarna-warni. Keberadaan tetaga warna juga sangat berguna bagi warga setempat. Mereka menggunakan telaga warna sebagai sumber irigasi untuk mengairi tanaman kentang.

Untuk menikmati keindahan telaga warna di dieng wonosobo ini, sobat bisa menuju ke salah satu bukit yang mengelilingi telaga warna dengan menyusuri jalan setapak. Dari atas bukit ini, sobat bisa menikmati kecantikan telaga warna dengan pepohanan yang rimbun yang mengelilinginya. Namun jika sobat malas untuk naik ke bukit, sobat bisa menyusuri tepian telaga warna. Di salah satu sudut terdapat balkon kecil yang bisa sobat gunakan untuk bersantai sambil menikmati kesejukan udara di sekitar telaga warna dan keindahan telaga warna. Waktu yang tepat mengunjungi telaga warna adalah pagi atau siang hari, karena ketika sore menjelang kabut akan mulai menutupi kawasan dieng.

Mengunjungi kawasan dieng, sebaiknya sobat bermalam di homestay yang terdapat di kawasan wisata dieng. Karena satu hari saja tidaklah cukup untuk menikmati semua tempat wisata di dieng mengingat banyaknya tempat wisata Wee Wee yang menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *