Kuliner Tradisional Indonesia yang Mendunia

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang kaya akan budaya dan warisan makanan tradisional. Banyaknya suku bangsa di Indonesia menjadikan bangsa ini memiliki banyak makanan tradisional yang memiliki citarasa unik dan lezat. Beberapa diantaranya bahkan sudah mendunia dan mendapatkan tempat di hati para penikmat kuliner internasional. Restoran-restoran khas makanan Indonesia pun telah banyak dibuka di berbagai negara untuk menjawab rasa penasaran warga negara asing akan kenikmatan makanan nusantara. Berikut ini adalah contoh kuliner tradisional Indonesia yang telah mendunia.

Sate ayam, siapa yang tak pernah makan makanan yang satu ini. Daging ayam yang dibakar dengan bumbu kacang ini mampu menghipnotis banyak masyarakat luar di berbagai ajang kuliner internasional. Bahkan restoran sate Indonesia di Amerika mampu bersaing dengan restoran asli Amerika sendiri yang menyuguhkan makanan yang hampir sama. Meski banyak daging yang disajikan dengan cara dibakar, namun bumbu sate Indonesia yang unik dan menciptakan rasa yang lezat inilah yang membuatnya tetap difavoritkan.

Satu lagi makanan khas Indonesia yang mendunia adalah rendang padang. Daging sapi yang dimasak secara pedas ini pernah menjadi makanan terenak di dunia. Cara memasaknya yang unik dan panjang membuat makanan ini memiliki citarasa yang berbeda dengan daging atau steak pada umumnya. Menggunakan bermacam rempah-rempah asli Indonesia, rendang mampu mengalahkan banyak makanan enak dari negara lain di ajang CNN 2011 lalu.

Masih banyak lagi makanan khas Indonesia yang telah menjadi makanan favorit internasional dan diterima baik di luar negeri. Kita sebagai anak bangsa harus ikut menjaganya dengan cara belajar menu-menu makanan tradisional dan banyak memakan makanan asli Indonesia dibandingkan makanan dari negara lain. Jangan sampai orang lain yang tidak mewarisi budaya kita justru lebih menyukai dan mengambil alih warisan budaya termasuk kuliner agar tradisi tetap dapat diturunkan ke anak cucu. Apalagi makanan Indonesia asli menggunakan rempah dan bahan alami yang dimasak secara tradisional sehingga sehat tanpa campuran bahan pengawet dan bahan berbahaya lainnya, pastinya akan lebih enak, gurih dan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *