Membuat Kaldu Non MSG yang Sehat

Di samping menggunakan kaldu bubuk non MSG, menggunakan kaldu ayam buatan sendiri juga merupakan salah satu bahan yang dapat Anda jadikan sebagai alternatif penyedap rasa. Anda dapat menambahkan kaldu bubuk non MSG atau kaldu ayam buatan sendiri untuk melezatkan masakan Anda tanpa harus menggunakan penyedap rasa yang mengandung MSG.
Ada sejumlah resiko kesehatan yang bisa ditimbulkan akibat konsumsi MSG yang melewati ambang batas dalam jangka waktu yang lama. Di antaranya adalah nyeri otot, nyeri sendi, sakit kepala, keram otot tegang leher dan sebagainya. Selain itu, beberapa penyakit tertentu juga dapat terpicu dari konsumsi MSG ini seperti diabetes melitus dan hipertensi.
Hingga saat ini, kontroversi penggunaan MSG masih terjadi di kalangan masyarakat dan ahli kesehatan. Ada yang membolehkannya dan adapula yang melarang penggunaannya sama sekali. Namun “mencegah lebih baik daripada mengobati” adalah prinsip yang perlu Anda terapkan untuk menjaga kesehatan Anda. Oleh karena itu, mencegah penggunaan MSG tentu lebih baik.
Saat ini telah banyak dijual kaldu bubuk non MSG. Baik di supermarket dan toko-toko konvensional,
maupun di toko-toko online. Anda dapat memesannya dengan cukup mudah. Namun pilihan lain
yang bisa Anda coba lakukan adalah dengan membuat kaldu sendiri di rumah. Jenis kaldu yang
cukup mudah dibuat sendiri adalah kaldu ayam.
Selain untuk menambah cita rasa gurih pada masakan Anda, ternyata kaldu ayam juga memiliki beberapa manfaat bagi tubuh Anda. Kaldu ayam memiliki kandungan mineral yang mudah dicerna oleh tubuh sehingga dapat menjaga kesehatan pencernaan Anda. Selain itu, kaldu ayam juga mengandung kolagen, glisin, prolin dan asam amino yang bermanfaat untuk merawat keindahan kulit Anda. Kaldu ayam juga dapat menjaga kesehatan hati Anda karena memiliki zat glycine yang berfungsi untuk detoksifikasi. Kesemua manfaat ini tentu dapat menjaga stamina tubuh Anda agar terhindar dari berbagai penyakit.
Untuk memperoleh manfaat dari kaldu ayam tersebut maka sebaiknya Anda mengolah kaldu ayam dengan cara yang baik serta menggunakan ayam yang sehat. Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk membuat kaldu ayam yang sehat antara lain:
1. Gunakan ayam organik karena ayam organik adalah ayam yang diolah secara alami tanpa campuran bahan kimia, sehingga cenderung lebih aman untuk tubuh
2. Pastikan ayam yang Anda gunakan segar sebab ayam yang tidak segar dapat mengandung bakteri yang tidak baik bagi tubuh.
3. Gunakan sayuran dan bumbu-bumbu yang alami. Beberapa jenis sayuran seperti wortel dan tomat dapat Anda tambahkan ke dalam kaldu ayam buatan Anda, juga bumbu-bumbu alami seperti daun seledri, daun basil, bawang merah dan bawang putih.
4. Pastikan sayuran yang Anda gunakan dalam keadaan segar. Hal ini cukup penting selain agar rasa kaldu menjadi enak, juga agar nutrisi yang terdapat pada sayuran tetap terjaga
5. Gunakan sayuran organik. Karena sayur organik bebas pestisida sehingga lebih aman bagi kesehatan tubuh Anda.

6. Jangan memasaknya terlalu lama. Memasak sayuran terlalu lama beresiko menghilangkan
kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya, karena itu masaklah sayuran Anda untuk kaldu ayam ini selama maksimal 15 menit.
Itulah beberapa khasiat kaldu ayam alami untuk kesehatan Anda dan cara mengolahnya agar tetap sehat. Gantilah penyedap rasa ber-MSG yang Anda gunakan dengan kaldu bubuk non MSG atau kaldu ayam buatan sendiri guna menjaga tubuh Anda agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *