Objek Wisata Gunung Binaiya

Gunung Binaiya merupakan gunung tertinggi se-Provinsi Maluku. Objek Wisata Alam Gunung Binaiya Maluku ini membentang di Pulau Seram dan masuk ke dalam lingkup Taman Nasional Manusela yang mempunyai luas 189.000 ha. Pada tahun 1972, Taman Nasional Musela di bagi menjadi 2 daerah, yakni Wae Nua seluas 17.000 ha yang meliputi hutan dataran rendah pada bagian utara. Flora yang hidup di kawasan Objek Wisata Alam Indonesia ini adalah bakau (Mangrove) dengan vegetasi sekitar rawa-rawa, hutan damar(agathis alba), dan meranti (shorea sp). Pada parbukitan bagian tengah adalah daerah Wae Nua seluas 20.000 ha.

Untuk mencapai Objek Wisata Alam Gunung Binaiya Maluku ini, dari Ambon, Anda dapat menggunakan bus menuju pelabuhan Tulehu dengan biaya Rp 10.000,-. Dari Tulehu, Dilanjutkan menyeberang selat dengan menggunakan speed boat menuju Pelabuhan Wahai di Pulau Seram dengan biaya Rp 60.000,-. Dari Wahai, perjalanan di lanjutkan menuju Desa Kanikeh selama sekitar 6 jam untuk mencapai kawasan Objek Wisata Gunung Binaiya.

Objek Wisata Gunung Binaiya terletak di wilayah pedalaman sehingga fasilitas dan akomodasi untuk wisatawan nyaris tidak ada, kecuali hanya beberapa rumah adat penduduk yang disediakan untuk menginap para pendaki yang bermalam. Walaupun demikian, pendakian Gunung Binaiya merupakan pengalaman tersendiri bagi petualang.

Demikianlah informasi Wee Wee tentang Objek Wisata Alam Gunung Binaiya Maluku pada kesempatan kali ini. Lihat juga objek wisata gunung sebelumnya tentang Objek Wisata Gunung Batu Raden Banyumas. Semoga bisa menjadi salah satu agenda wisata Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *