Objek Wisata Pemandian Air Panas Tirta Tapta Pemali Bangka

Pemandian Air Panas Tirta Tapta Pemali merupakan salah satu aset wisata alam yang terletak di desa Pemali Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka, sekitar 20 km dari Kota Sungailiat. Lokasi sumber air panas di Pemali pertama kali ditemukan pada zaman kolonial Belanda. Pada saat itu dilakukan eksplorasi timah oleh perusahaan B.T.W. (Bangka Tin Winning Bedrijt) yaitu perusahaan milik Belanda yang khusus bergerak disektor pertambangan timah di Pulau Bangka.

Setelah kemerdekaan RI perusahaan penambangan timah diambil alih dari pemerintahan kolonial menjadi sebuah perusahaan penambangan yang dimiliki oleh negara, yakni PT. TIMAH dan secara otomatis keberadaan lokasi sumber air panas menjadi bagian kepemilikan dan pengelolaan PT Timah. pada era dasa warsa 70-an, air panas pemali dipugar dan dikembangkan oleh perusahaan Timah, yang selama beberapa tahun sempat terawat dengan baik dan menjadi salah satu tempat rekreasi masyarakat. Air panas ini berasal dari air tanah aktif yang mengeluarkan belerang yang sangat ccocok bagi wisataan yang datang untuk kesehatan atau menghilangkan pegal-pegal dengan cara berendam dikolam air yang disediakan.

Sumber Air Panas di kawasan Wisata Pemandian Air Panas Tirta Tapta Pemali ini berasal dari tanah aktif yang mengeluarkan belerang. Kolam pemandiannya tidak hanya menjadi tempat mandi, tetapi juga sebagai tempat untuk terapi kesehatan dan relaksasi yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Salah satu pengunjung yang pernah merasakan khasiatnya adalah wisatawan Thailand yang robek tangan kirinya cukup parah, akibat kelengahannya saat mengoperasikan kapal isap di Bangka. Setelah beberapa kali mendapat pengobatan dokter, luka robek tersebut sembuh, namun tangan kirinya tak dapat digerakkan. Kemudian ia menyempatkan diri beberapa kali berendam di kolam air panas Tirta Tapta Pemali. Tak berapa lama, tangan kirinya bisa digerakkan.

Selain kolam untuk berendam, di Objek Wisata Pemandian Air Panas Tirta Tapta Pemali ini, pengunjung juga akan dimanjakan dengan fasilitas seperti pool air panas dan ruang bilas. Pemandian ini juga memiliki koleksi Rusa Totol yang didatangkan dari istana negara. Beberapa fasilitas lainnya adalah Panggung Maxima, Canal Wisata, Taman Hiburan Keluarga, Taman Anggrek, dan Mini Zoo dengan koleksi terbaru yakni beruang, buaya, dan berbagai jenis burung. Tirta Tapta Pemali juga menyediakan danau. Selain itu, ada juga plaza yang bisa dipakai untuk berbagai aktivitas, pemancingan, dan water boom yang hanya satu-satunya di Bangka Belitung. Untuk makan, ada sejumlah food stall dan restoran di sekitar Taman Hiburan Keluarga. Wee Wee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *