Wisata Air Panas Pegunungan Ciater Subang

Ketika mendengar nama Ciater, orang-orang yang berasal dari luar kota Subang pada umumnya mengetahui bahwa daerah tersebut adalah salah satu nama daerah di Kota Bandung. Padahal, sebenarnya Ciater merupakan salah satu kecamatan yang berada di Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat. Kecamatan Ciater merupakan pemekaran dari Kecamatan Jalan Cagak. Lokasinya yang berada didekat perbatasan Kabupaten Subang dan Bandung lah yang menyebabkan banyak orang mengira bahwa kabupaten daerah Ciater adalah Bandung. Dan penyebab lainnya adalah masyarakat di Jawa Barat kurang begitu mengetahui adanya sebuah kabupaten kecil yang bernama Subang ada Wisata Air Panas Pegunungan Ciater Subang.

Kecamatan Ciater terletak di daerah perbukitan, dengan ketinggian 800 meter diatas permukaan laut. Hal tersebut yang membuat suhu ditempat ini menjadi sejuk/dingin. Selain cuacanya yang sejuk, di Kecamatan Ciater juga terdapat pemandangan yang sangat indah. Jika kita berkendara melalui Kecamatan Ciater, disepanjang kiri dan kanan jalan kita dapat melihat hijaunya tanaman-tanaman teh yang sangat indah.

Jika Anda pikir hanya itu saja keindahan yang terdapat di Ciater, anda salah besar karena di Ciater terdapat banyak tempat wisata yang dapat membuat siapapun kecanduan untuk ingin kembali ke tempat tersebut. Yang lebih tidak kalah menariknya adalah hanya dengan uang sebesar Rp. 14.000,00 Anda sudah bisa masuk ke dalam daerah wisata Ciater. Tidak Sama dengan mendaki Gunung Semeru.

Salah satu tempat wisata yang sangat terkenal di Ciater adalah Kolam Pemandian Air Panas Ciater. Kolam pemandian yang satu ini, sangatlah tepat untuk dikunjungi oleh Anda yang ingin berlibur bersama keluarga dan ingin merasakan kenyamanan dan ketenangan. Harga tiket untuk masuk ke wisata yang satu ini adalah sebesar Rp. 80.000,00. Harga tersebut cukup sesuai mengingat berbagai fasilitas yang tersedia di Kolam Pemandian Air Panas Ciater. Selain fasilitas-fasilitasnya yang bagus, mandi air panas di Ciater tidak hanya bisa menenangkan tubuh dan pikiran, namun juga bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Hal tersebut dikarenakan air pemandian tersebut banyak mengandung belerang. Kandungan belerang yang terdapat di kolam ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti kelumpuhan, rematik, gangguan syaraf, tulang, dan berbagai penyakit kulit lainnya bila dilakukan secara teratur. Pasalnya berdasar hasil penelitian, sumber air hangat mineral yang ada di Ciater mengandung Calcium, Magnesium, Chloride, Sulfate, Thermo, Mineral, serta Hypertherma dengan kadar aluminium yang tinggi yaitu sekitar 38,5 equiv persen, dan keasamannya juga sangat tinggi. Mata air yang berada di Ciater berasal dari Gunung Tangkuban Perahu yang berada tidak jauh dari daerah wisata Ciater. Dan suhu airnya berkisar antara 43oC sampai 46oC Kebenaran tentang kandungan-kandungan yang terdapat di dalam pemandian ini telah dibuktikan oleh Mr Hack Bessel, seorang bangsawan asal Belanda yang pernah melakukan penelitian di tempat ini.

Dengan luas wilayah wisata sekitar 70Ha, semua wahana untuk berwisata ada di sini. Selain pemandian air panasnya yang terkenal, di Ciater juga terdapat banyak wahana-wahana lainnya yang sangat menarik untuk dikunjungi, mulai dari wahana bermain, berolahraga, berkuda, wahana outbond, dan masih banyak lagi. Berikut adalah beberapa wahana dan fasilitas yang terdapat di daerah wisata Ciater :

  • Sarana permainan untuk semua umur, baik dari anak-anak hingga orang tua
  • Spa & Resource
  • Sarana olah raga
  • Arum jeram
  • Tempat pacuan kuda
  • Out bond
  • Sarana berbelanja
  • Masjid
  • Fasilitas olahraga dan adventure seperti Tenis, basket, volley, put & put mini golf, wahana anak-anak,
  • tea walk, paint ball games, gokart off road, dsb;
  • Fasilitas rekreasi seperti Kolam rendam air panas, perahu dayung, lahan perkemahan, kolam pancing,
  • picnic area kerajinan keramik, dsb;
  • Fasilitas restaurant dan bar
  • Fasilitas conference & banquet
  • Tempat penginapan
  • Air terjun

Nah, itulah beberapa wahana dan fasilitas yang terdapat di daerah wisata Ciater. Wee wee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *