Wisata Alam Kubu Perahu, Tempat Seru Berpetualang Alam

Menjelajahi keindahan alam Lampung Barat memang tidak ada habisnya. Salah satu lokasi petualangan alam yang sangat menarik adalah Wisata Alam Kubu Perahu yang terletak di tengah Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS). Lokasi tujuan wisata ini berada di Kecamatan Balik Bukit, 7 Kilometer dari Kota Liwa, Ibukota Kabupaten Lampung Barat. Dari Liwa, perjalanan cukup ditempuh dengan waktu   kurang lebih sepuluh menit.

Kondisi jalan menuju Wisata Alam Kubu Perahu sudah beraspal cukup baik, landai dan terawat. Untuk menuju lokasi selain dengan kendaraan pribadi biasanya tersedia sarana angkutan umum berupa bus jurusan Krui dan/atau Kotaagung.

Kegiatan yang bisa dilakukan di lokasi Wisata Alam Kubu Perahu antara lain  petualangan menelusuri hutan (jungle run), memancing, berkemah, menikmati indahnya tiga air terjun Sepapa Kiri, Sepapa Kanan dan Way Asah, serta melihat berbagai flora fauna di dalam hutan.
Flora yang terdapat di dalam hutan Wisata Alam Kubu Perahu diantaranya adalah 60 jenis anggrek alam serta pepohonan langka berusia ratusan tahun antara lain pohon kruing, meranti, dan rengas. Sedangkan jenis fauna yang banyak terlihat antara lain, menjangan, beruk, kera ekor panjang, siamang, wauwau, gajah sumatera, rusa sambar, berbagai jenis burung langka seperti burung rangkong, kuau kerdil,giant pitta, sesep madu, elang, dan lainnya. Berbagai jenis kupu-kupu juga tampak terbang hilir mudik di sekitar lokasi.

Fasilitas yang ada di area Wisata Alam Kubu Perahu cukup memadai. Diantaranya yaitu Pusat Bumi Perkemahan (Buper), jalan setapak, papan interpretasi dan petunjuk arah, pondok kerja, shelter tempat beristirahat sementara dan MCK.

Biaya masuk ke Wisata Alam Kubu Perahu sangat terjangkau, bagi wisatawan lokal hanya dikenakan biaya Rp1.500/orang sedangkan untuk wisatawan mancanegara dikenakan Rp15 ribu/orang. Semua pengunjung harus mematuhi peraturan yang telah ditentukan yaitu tidak boleh merusak dan mengambil tumbuhan yang berada di wilayah hutan.  Pengunjung Wisata Alam Kubu Perahu umumnya meningkat pada musim liburan sekolah.

Dengan berbagai keanekaragaman hayati yang terkandung di dalamnya, sudah selayaknya Wisata Alam Kubu Perahu menjadi objek wisata unggulan. Yuk mari menjadi petualang alam di Wisata Alam Kubu Perahu. Wee Wee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *