Wisata Edukasi Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung terletak di Jl. Diponegoro, Bandung, Jawa Barat. Lokasinya tak jauh dari gedung yang menjadi landmark kota Bandung dan juga dijadikan pusat pemerintahan yakni Gedung Sate. Di museum inilah terdapat benda-benda koleksi geologi seperti fosil, mineral dan batuan yang telah dikumpulkan sejak tahun 1850. Dengan berkunjung di Museum Geologi Bandung, anda akan belajar sejarah terbentuknya kepulauan Indonesia dan mengapa di tanah tercinta kita ini seiring di landa bencana gempa bumi.

Museum Geologi Bandung dikelola oleh Badan Geologi Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral. Lokasinya yang berada di dalam kota, maka sangat mudah untuk di akses baik dengan kendaraan pribadi maupun dengan transportasi umum. Didirikan pada tanggal 16 mei 1928, Museum Geologi baru diresmikan setahun kemudian yakni pada tahun 1929 oleh pemerintah Hindia Belanda. Awalnya tempat ini dijadikan untuk laboratorium dan tempat penyimpanan benda-benda dari hasil penelitian dan pertambangan. Namun seiring dengan berjalannya waktu berubah menjadi sarana pendidikan, penelitian, sumber informasi tentang kebuminan, dan juga menjadi tempat wisata yang mengasyikan. Saat anda menjelajah Museum Geologi Bandung maka anda akan menemukan 3 ruang peragaan, ruang laboratorium dan ruang dokumentasi.

Apa saja Yang Ada Di Museum Geologi Bandung ?

Ruang Sejarah Kehidupan
Ruangan ini terletak di sayap timur Museum, di lantai satu. Sobat akan menemukan gambaran mengenai kehidupan dari masa ke masa dan dimulai dari 4,6 milyar tahun lalu saat terbentukna bumi.

Ruang Geologi Indonesia
Terletak di sayap barat lantai 1 Museum Geologi Bandung, disinilah sobat akan menemukan proses pembentukan kepulauan Indonesia dengan pendekatan teori tektonik lempeng.

Ruang Geologi Untuk Kehidupan Manusia
Setelah puas berkeliling di lantai 1, cobalah untuk naik ke lantai 2. Disini akan sobat temukan bagaimana cara pengolahan maupun penambangan mineral, gas bumi dll.

Selain ketiga ruang peragaan diatas ada juga ruang dokumentasi dan ruang auditorium. Di ruang dokumentasi, sobat akan menemukan berbagai benda koleksi seperti fosil, batuan dan mineral. Sedangkan di Ruang Auditorium disana sobat dapat menonton film 3D yang bertema tentang geologi. Namun untuk menikmatinya ada syartanya, yakni penonton harus lebih dari 50 orang.

Museum Geologi Bandung buka setiap hari senin hingga kamis jam 9 pagi hingga 3 sore, sedang pada hari sabtu dan minggu hnya buka dari jam 9 hingga 1 siang saja. Untuk hari jumat dan hari libur nasional, Museum Geologi Bandung tidak dibuka alias tutup. Wee Wee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *