Wisata Unik di Hutan Mangrove Surabaya

Bosan dengan liburan yang itu-itu saja? cobalah datang ke hutan mangrove yang berada di Surabaya. Disini sobat bisa mengelilingi hutan melewati jembatan yang terbuat dari kayu. Jika tak mau capek-capek, sobat juga bisa menggunakan perahu motor yang berkapasitas maksimal 40 orang. Tak hanya dilengkapi dengan berbagai flora namun berbagai fauna seperti monyet dan puluhan burung yang di import langsung dari beberapa benua juga menjadi penghuni di hutan mangrove surabaya ini.

Hutan mangrove adalah hutan yang ditumbuh diatas rawa-rawa yang terletak di pinggir pantai sehingga dipengaruhi oleh pasang-surut air laut. Hutan mangrove atau hutan bakau ini berfungsi untuk melindungi garis pantai dari abrasi serta untuk meredam gelombang ombak termasuk stunami. Hutan mangrove ini banyak diterapkan di negara-negara yang rawan terjadi tsunami seperti di Jepang. Sedangkan di Indonesia sebagian besar hutan mangrove telah beralih fungsi menjadi tambak. Namuni ada hutan mangrove di Surabaya yang dijadikan tempat wisata. Pada tanggal 1 Januari 2010 Wali Kota Surabaya yakni Bambang DH meresmikan wisata baru hutan mangrove yang terletak di Wonorejo, Kecamatan Rungrut, Surabaya. Lokasinya tak jauh dari Bandara Juanda Surabaya, hanya sekitar 30 menit perjalanan. Atau jika dari kampus UPN berjarak sekitar 2 Km arah timur.

Untuk menuju hutan mangrove di Wonorejo Surabaya ini sobat harus melewati jalanan yang sempit dan bergelombang karena memang belum diaspal. Setelah memarkirkan kendaraan sobat harus membayar tiket masuk  terlebih dahulu. Untuk menuju hutan mangrove dapat ditempuh dengan menggunakan perahu yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Menyusuri hutan yang dikelilingi pohon bakau di sisi kanan dan kiri serta ditemani kicauan burung melewati sebuah jembat yang terbuat dari kayu memberikan pengalaman wisata yang unik dan tak terlupakan. Perlu sobat ketahui bahwa burung-burung yang ada disini ada sekitar 44 jenis yang berasal dari australia dan eropa. Wisata Hutan Mangrove Di Surabaya ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama teman, keluarga ataupun pasangan. Bahkan tak jarang beberapa pasangan menjadikan Hutan Mangrove Di Surabaya ini untuk tempat pre wedding Wee Wee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *